PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL
1
PENGENALAN
CLASS, OBJECT, METHOD, ATTRIBUTE
I.
Tujuan
1. Mengetahui pengertian kelas, obyek, method,
dan atribut
2. Mengetahui karakteristik kelas, obyek,
method, dan atribut
3. Mengetahui fitur pemrograman berorientasi
obyek
4. Mengetahui cara menentukan komponen dari
kelas
5. Mengetahui cara mendeklarasikan kelas, obyek,
method, dan atribut di java
II. Perlengkapan
yang dibutuhkan
1 Modul 1
2 Komputer
3 Netbeans
III.
Dasar Teori
Object merupakan dasar dari struktur
Pemograman Berorientasi Obyek (OOP). Fitur dari OOP adalah Abstraksi,
Enkapsulasi, Pewarisan, dan Polymorphism.
Fitur
Abstraksi yaitu mengkarakteristikan obyek
yaitu dengan pemberian
atribut pada suatu obyek, hal ini
akan diimplementasikan dengan pembuatan kelas (class). Kelas mempunyai 2
komponen yaitu Atribut dan Method. Atribut adalah ciri-ciri yang melekat pada
suatu object.
Method adalah fungsi-fungsi yang dapat
digunakan untuk memanipulasi nilai-nilai pada atribut atau untuk melakukan
hal-hal yang dapat dilakukan suatu object. Sedangkan fitur enkapsulasi digunakan
untuk menyembunyikan informasi
atau detil dari obyek yang tidak penting, hal ini
diimplementasikan dengan access specifier. Access Specifiers di dalam Java terdiri dari :
o
Public:
kelas dapat diakses dari manapun
termasuk dari kelas lain dan
kelas-kelas yang berada dalam package yang berbeda
o
Private:
kelas dapat diakses oleh anggota kelas itu sendiri.
o
Protected:
kelas dapat diakses oleh kelas turunan
o
Tanpa penetuan
akses: kelas dapat
diakses dari manapun
tetapi harus berada
dalam package yang sama.
Pembuatan kelas di dalam java :
class <classname>
{
//declaration of data member
//declaration of methods
}
Pembuatan kelas lengkap dengan access
specifier
class <classname>
{
<access specifier> <deklarasi atribut>
<access specifier> <deklarasi method>
}
Karena dasar pemrograman OOP adalah
obyek, sehingga class yang
sudah dibuat akan
dibuat obyeknya atau diinstansiasi, cara
pembuatan obyek dari kelas adalah:
<class name> <object name>;
<object name> = new <class
name>();
Untuk menjalankan program dibutuhkan
sebuah method main(). Method main() dapat dideklarasikan di kelas manapun
tetapi nama kelas
tempat method main() berada harus sama dengan nama file .java nya. Deklarasi method main :
public static void
main(String[] args)
{
//code for the main method
}
IV.
Tugas Praktikum
1) Class Handphone
a. Tentukan atribut dan method untuk class handphone!
b. Buatlah sintaks java
untuk class handphone
tersebut, dimana terdapat atribut dan method (method untuk menentukan nilai dan method untuk
menampilkan nilai) yang telah anda tentukan.
2)
Class SepedaMotor
a.
Tentukan atribut dan method untuk class sepedamotor!
b. Buatlah
sintaks java untuk
class sepedamotor tersebut,
dimana terdapat atribut dan method (method untuk menentukan
nilai dan method untuk menampilkan nilai) yang telah anda tentukan.
3)
Buatlah laporan (format
laporan: cover, tujuan,
dasar teori, hasil
praktikum beserta penjelasan, dan kesimpulan) dari hasil praktikum yang
anda kerjakan.
4)
Project dan laporan
tersebut jadikan dalam
satu folder, kemudian
di archive (zip/rar), kemudian upload di elearning.
V. Percobaan
Praktikum
Class
Book
Untuk mendownload sourcecode dan pembahasannnya yang lebih langkap Klik Disini
No comments:
Post a Comment