PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL
1
PENGENALAN
CLASS, OBJECT, METHOD, ATTRIBUTE
I.    
Tujuan
1.  Mengetahui pengertian kelas, obyek, method,
dan atribut 
2.  Mengetahui karakteristik kelas, obyek,
method, dan atribut 
3.  Mengetahui fitur pemrograman berorientasi
obyek 
4.  Mengetahui cara menentukan komponen dari
kelas 
5.  Mengetahui cara mendeklarasikan kelas, obyek,
method, dan atribut di java
II.  Perlengkapan
yang dibutuhkan
1      Modul 1
2      Komputer
3      Netbeans
III.        
Dasar Teori
Object merupakan dasar dari struktur
Pemograman Berorientasi Obyek (OOP). Fitur dari OOP adalah Abstraksi,
Enkapsulasi, Pewarisan, dan Polymorphism. 
Fitur 
Abstraksi   yaitu  mengkarakteristikan    obyek  
yaitu  dengan   pemberian   
atribut  pada suatu obyek, hal ini
akan diimplementasikan dengan pembuatan kelas (class). Kelas mempunyai 2
komponen yaitu Atribut dan Method. Atribut adalah ciri-ciri yang melekat pada
suatu object.
Method adalah fungsi-fungsi yang dapat
digunakan untuk memanipulasi nilai-nilai pada atribut atau untuk melakukan
hal-hal yang dapat dilakukan suatu object. Sedangkan   fitur enkapsulasi   digunakan  
untuk   menyembunyikan   informasi  
atau   detil   dari obyek yang tidak penting, hal ini
diimplementasikan dengan access specifier. Access  Specifiers di dalam Java terdiri dari :
o         
Public:
kelas dapat diakses dari manapun 
termasuk dari kelas  lain dan
kelas-kelas yang berada dalam package yang berbeda 
o         
Private:
kelas dapat diakses oleh anggota kelas itu sendiri. 
o         
Protected:
kelas dapat diakses oleh kelas turunan 
o         
Tanpa  penetuan 
akses:  kelas  dapat 
diakses  dari  manapun 
tetapi  harus  berada 
dalam package yang sama.
Pembuatan kelas di dalam java :  
class <classname> 
{ 
 
//declaration of data member 
 
//declaration of methods 
} 
Pembuatan kelas lengkap dengan access
specifier 
class <classname> 
{ 
 
<access specifier> <deklarasi atribut> 
 
<access specifier> <deklarasi method> 
} 
Karena dasar pemrograman OOP adalah
obyek,  sehingga class  yang 
sudah dibuat akan 
dibuat obyeknya atau diinstansiasi, cara
pembuatan obyek dari kelas adalah: 
<class name> <object name>; 
<object name> = new <class
name>(); 
Untuk menjalankan program dibutuhkan
sebuah method main(). Method main() dapat dideklarasikan  di  kelas manapun 
tetapi  nama  kelas 
tempat method main()  berada  harus sama dengan nama file .java nya. Deklarasi method main :
public static void
main(String[] args) 
{ 
  //code for the main method 
}  
IV.        
Tugas Praktikum
1)  Class Handphone 
a. Tentukan atribut dan method untuk class handphone! 
b. Buatlah  sintaks  java 
untuk  class  handphone 
tersebut,  dimana  terdapat  atribut dan method (method untuk menentukan nilai dan method untuk
menampilkan nilai) yang telah anda tentukan.
2) 
Class SepedaMotor 
a. 
Tentukan atribut dan method untuk class sepedamotor! 
b. Buatlah 
sintaks  java  untuk 
class  sepedamotor  tersebut, 
dimana  terdapat  atribut dan method (method untuk menentukan
nilai dan method untuk menampilkan nilai) yang telah anda tentukan. 
3) 
Buatlah  laporan  (format 
laporan:  cover,  tujuan, 
dasar  teori,  hasil 
praktikum beserta penjelasan, dan kesimpulan) dari hasil praktikum yang
anda kerjakan. 
4) 
Project  dan  laporan 
tersebut  jadikan  dalam 
satu  folder,  kemudian 
di  archive  (zip/rar), kemudian upload di elearning.
V.  Percobaan
Praktikum
Class
Book
 Untuk mendownload sourcecode dan pembahasannnya yang lebih langkap Klik Disini 
 

No comments:
Post a Comment