Sunday, 30 September 2012

Tugas Praktikum PBO Minggu Pertama


PRAKTIKUM PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MODUL 1
PENGENALAN CLASS, OBJECT, METHOD, ATTRIBUTE


I.     Tujuan
1.  Mengetahui pengertian kelas, obyek, method, dan atribut
2.  Mengetahui karakteristik kelas, obyek, method, dan atribut
3.  Mengetahui fitur pemrograman berorientasi obyek
4.  Mengetahui cara menentukan komponen dari kelas
5.  Mengetahui cara mendeklarasikan kelas, obyek, method, dan atribut di java

II.  Perlengkapan yang dibutuhkan
1      Modul 1
2      Komputer
3      Netbeans

III.         Dasar Teori
Object merupakan dasar dari struktur Pemograman Berorientasi Obyek (OOP). Fitur dari OOP adalah Abstraksi, Enkapsulasi, Pewarisan, dan Polymorphism.
Fitur  Abstraksi   yaitu  mengkarakteristikan    obyek   yaitu  dengan   pemberian    atribut  pada suatu obyek, hal ini akan diimplementasikan dengan pembuatan kelas (class). Kelas mempunyai 2 komponen yaitu Atribut dan Method. Atribut adalah ciri-ciri yang melekat pada suatu object.

Method adalah fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk memanipulasi nilai-nilai pada atribut atau untuk melakukan hal-hal yang dapat dilakukan suatu object. Sedangkan   fitur enkapsulasi   digunakan   untuk   menyembunyikan   informasi   atau   detil   dari obyek yang tidak penting, hal ini diimplementasikan dengan access specifier. Access  Specifiers di dalam Java terdiri dari :

o          Public: kelas dapat diakses dari manapun  termasuk dari kelas  lain dan kelas-kelas yang berada dalam package yang berbeda
o          Private: kelas dapat diakses oleh anggota kelas itu sendiri.
o          Protected: kelas dapat diakses oleh kelas turunan
o          Tanpa  penetuan  akses:  kelas  dapat  diakses  dari  manapun  tetapi  harus  berada  dalam package yang sama.

Pembuatan kelas di dalam java : 
class <classname>
{
  //declaration of data member
  //declaration of methods
}

Pembuatan kelas lengkap dengan access specifier
class <classname>
{
  <access specifier> <deklarasi atribut>
  <access specifier> <deklarasi method>
}


Karena dasar pemrograman OOP adalah obyek,  sehingga class  yang  sudah dibuat akan
dibuat obyeknya atau diinstansiasi, cara pembuatan obyek dari kelas adalah:
<class name> <object name>;
<object name> = new <class name>();

Untuk menjalankan program dibutuhkan sebuah method main(). Method main() dapat dideklarasikan  di  kelas manapun  tetapi  nama  kelas  tempat method main()  berada  harus sama dengan nama file .java nya. Deklarasi method main :

public static void main(String[] args)
{
  //code for the main method
} 

IV.         Tugas Praktikum
1)  Class Handphone
a. Tentukan atribut dan method untuk class handphone!
b. Buatlah  sintaks  java  untuk  class  handphone  tersebut,  dimana  terdapat  atribut dan method (method untuk menentukan nilai dan method untuk menampilkan nilai) yang telah anda tentukan.
2)  Class SepedaMotor
a.  Tentukan atribut dan method untuk class sepedamotor!
b. Buatlah  sintaks  java  untuk  class  sepedamotor  tersebut,  dimana  terdapat  atribut dan method (method untuk menentukan nilai dan method untuk menampilkan nilai) yang telah anda tentukan.
3)  Buatlah  laporan  (format  laporan:  cover,  tujuan,  dasar  teori,  hasil  praktikum beserta penjelasan, dan kesimpulan) dari hasil praktikum yang anda kerjakan.
4)  Project  dan  laporan  tersebut  jadikan  dalam  satu  folder,  kemudian  di  archive  (zip/rar), kemudian upload di elearning.



V.  Percobaan Praktikum
Class Book





















 Untuk mendownload sourcecode dan pembahasannnya yang lebih langkap Klik Disini

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers