Monday, 15 October 2012

Array Dengan Overloading


1.      fungsi untuk menampilkan array satu dimensi dengan menerapkan overloading constructor

Pada kali ini kita akan membuat suatu fungsi array satu dimensi yang akan menampilkan semua anggota elemen dan mencari nilai maximal serta minimalnya pada index array yang acak.

Pertama kita bisa secara langsung mendeklarasikan setiap anggota element array seperti ini :




setelah array sudah dideklarasikan, kita butuh sebuah constructor yang fungsinya untuk menampilkan semua anggota array tersebut dengan menggunakan perulangan for () {….}


Sebenarnya, tanpa membuat suatu constructor, setiap class sudah memiliki cronstructor default yg secara otomatis akan dideklarasikan jika kita tidak membuat suatu constructor.

Karena kita akan membuat overloading constructor, maka kita harus membuat satu atau beberapa lagi constructor dengan nama yang sama namun parameternya berbeda yang akan mencari nilai maxsimal dan minimal dalam index array yang tersedia.

 
Pada potongan coding diatas, kita harus mensetting nilai max dan min pada index [0] agar satiap data yang selanjutnya akan diulang pada index array dicocokan satu sama lain untuk mencari nilai maximal dan minimalnya yang akan diproses diperulangan for(){….}. Jika data masimal dan minimalnya sudah ditemukan, maka proses dalam if(..){…}else if{…} akan berhenti dan menyimpan hasilnya sampai ada proses pemanggilan untuk ditampilkan.

Kita butuh main method untuk menampilkan anggota array dan nilai maximan serta minimalnya atau output dari proses diatas.

 
Ini potongan lengkap source code diatas beserta outputnya :

2.         fungsi untuk menampilkan array dua dimensi dengan menerapkan overloading method

Jika diatas telah kita bahas tentang overloading constructor, kali ini kita akan membuat array dengan overloading method.

Pada codingan kali ini kita tidak mendeklarasikan anggota array secara satu – persatu karena akan dideklarasikan didalam method.



Selanjutnya, kita membuat overloading methodnya berisi index dari array....
 
Nah, sekarang kita butuh satu method lagi yang akan menampung semua nilai dari array berdasarkan yang telah dideklarasikan pada codingan diatas...


Di dalam method void nm(..), disana telah diisi semua nilai dari array yaitu :
angka[0][0] = 5 ; angka [0][1] = 6 ; angka[1][0] = 4.0 ; angka[1][1] = 2.0

Sekarang kita tinggal membuat main method untuk memanggil codingan yang telah kita buat.

 
Ini source code dan input lengkapnya...






NB : Jika ada kesalahan dalam codingan diatas dimohon saran dan masukkannya untuk perbaikan postingan selanjutnya  ^;^


Nama   : Erfan Bahtiar
NIM    : 1110651009
MK      : PBO
Dosen  : Mudafiq Riyan Pratama, S.Kom

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers